Saturday, 2 January 2016

Softskill Bahasa Indonesia : "Struktur Penlisan Ilmiah"

Struktur Penulisan Ilmiah
“Aplikasi Pengolahan Data Inventoris di PT. Harmoni Drilling Services”

A.    BAGIAN AWAL
             Pada bagian ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan penulisan ilmiah yakni sebagai berikut :
1.      Halaman Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan sesuai aturan yang ada.
2.      Lembar Pernyataan
Yakni merupakan halaman yang berisi pernyataan bahwa penulisan karya tulis ini merupakan hasil karya sendiri bukan hasil plagiat atau penjiplakan terhadap hasil karya orang lain.
3.      Lembar Pengesahan
Pada Lembar Pengesahan ini berisi Daftar Komisi Pembimbing atau guru pembina, Pada Bagian bawah sendiri juga disertai tanda tangan Pembimbing.
4.      Abstraksi
Yakni berisi ringkasan tentang hasil dan pembahasan secara garis besar dari Penulisan karya tulis dengan maksimal 1 halaman.
5.      Kata Pengantar
Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan serta dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan karya tulis (a.l. Orang tua, Dosen, rekan dll).
6.      Halaman Daftar Isi
Berisi semua informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan urut nomor halaman.
7.      Halaman Daftar Tabel
8.      Halaman Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Diagram

B.     BAGIAN TENGAH
1.      Pendahuluan
Pada Bab Pendahuluan ini terdiri dari beberapa sub pokok bab yang meliputi antara lain :
a.      Latar Belakang Masalah
(Menguraikan tentang alasan dan motivasi dari penulis terhadap topik permasalahan yang bersangkutan.)
Kemajuan teknologi saat ini semakin pesat, hal ini terlihat dari proses untuk mendapatkan informasi yang dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat dengan didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Dari kemajuan ini membuat banyak perusahaan menggunakan dan membutuhkan teknologi berbasis komputer dan jaringan untuk membantu pekerjaannya karena bersifat  efektif dan efisien.
Banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam mengolah datanya. PT. Harmoni Drilling Services merupakan salah satu perusahaan yang memiliki sistem yang kompleks dalam pengolahan datanya, yang mengharuskan semua data dapat disimpan secara terintegrasi untuk menunjang proses pengolahan data. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh PT. Harmoni Drilling Services adalah pengolahan data inventaris, yaitu berupa data inventaris barang yang ada pada setiap ruangan, data alat tulis kantor (ATK), dan pembuatan laporan inventaris.
Di PT. Harmoni Drilling Services proses penyampaian informasi yang berhubungan dengan kegiatan pengolahan data inventory masih dilakukan secara manual. Ini terlihat dari penggunaan aplikasi Microsoft Excel dalam pengolahan data inventaris. Hal ini menimbulkan beberapa masalah seperti, proses pembuatan laporan yang memerlukan waktu sehingga penyelesaian laporan menjadi tidak tepat waktu. Pencarian dan pembaruan data membutuhkan waktu relatif lama, sehingga hal ini menyulitkan pegawai dalam memberikan laporan kepada pimpinan.
Saat ini banyak perusahaan yang tidak mau ketinggalan dengan kemajuan teknologi informasi yang menunjang terhadap kelangsungan kegiatan institusi. Oleh karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas dengan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang berhubungan dengan institusi tersebut. Pengolahan data inventaris merupakan kegiatan yang penting dalam suatu institusi atau perusahanan. Dalam hal ini PT. Harmoni Drilling Services memerlukan sebuah aplikasi khusus untuk mengolah data inventaris. Dimana aplikasi ini akan dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan dan pencapaian dalam pengolahan data inventaris, yang akan menjadi bagian aktifitas yang vital di departemen procurement.
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan dan masalah yang dipaparkan diatas maka, perlu dirancang sebuah aplikasi pengolahan data inventaris yang diharapkan menjadi solusi permasalahan yang dihadapi oleh staf PT. Harmoni Drilling Services.

b.      Rumusan Masalah
Berisi masalah apa yang terjadi dan sekaligus merumuskan masalah dalam penelitian yang bersangkutan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di identifikasi bahwa rumusan masalah yang akan dikaji adalah sebagai berikut:
1.        Bagaimana melakukan penyimpanan inventaris secara terintegrasi.
2.        Bagaimana melakukan pencarian dan pembaruan data inventaris dalam waktu yang relatif singkat.

c.       Batasan Masalah
Memberikan batasan yang jelas pada bagian mana dari persoalan atau masalah yang dikaji dan bagian mana yang tidak.
Batasan-batasan masalah berdasarkan identifikasi masalah di atas, adalah sebagai berikut:
1.        Perancangan aplikasi yang dibangun meliputi pengolahan data inventaris perusahaan di PT. Harmoni Drilling Services.
2.        Pengguna aplikasi terdiri dari dua level, yaitu admin dan Manager Procurement.
3.        Aplikasi dikendalikan oleh satu admin yang memegang hak akses penuh atas pengolahan data inventaris perusahaan dengan melakukan login.
4.        Aplikasi dapat mencetak hasil laporan inventaris perusahaan.

d.      Tujuan Penelitian
Menggambarkan hasil-hasil apa yang bisa dicapai dan diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti.
Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki sistem lama, yang masih melakukan pengolahan data inventaris secara manual dengan menggunakan aplikasi secara terkomputerisasi. Dengan pembuatan aplikasi tersebut, diharapkan:
1.        Aplikasi dapat melakukan penyimpanan data inventaris secara terintegrasi dalam sebuah database.
2.      Aplikasi dapat melakukan pencarian dan pembaruan data inventaris dalam waktu yang relatif singkat.

e.      Metode Penelitian
Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, mencakup cara pengumpulan data, alat yang digunakan dan cara analisa data.
Jenis-Jenis Metode Penelitian :
a)      Studi Pustaka : Semua bahan diperoleh dari buku-buku dan/atau jurnal.
b)      Studi Lapangan : Data diambil langsung di lokasi penelitian.
c)      Gabungan : Menggunakan gabungan kedua metode di atas.
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi pengolahan data inventaris adalah sebagai berikut:
1.         Wawancara
Dengan melakukan wawancara dengan staf departemen procurement mengenai data yang diolah berkaitan dengan pengolahan inventaris.
2.         Studi Kepustakaan
Dilakukan dengan mencari data-data pada buku atau literature yang berkaitan dengan aplikasi yang akan dibuat.


f.        Sistematika Penulisan
Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Penulisan Karya tulis ilmiah
Sistematika penulisan dalam penyusunan laporan Proyek Akhir adalah sebagai berikut :
BAB I             PENDAHULUAN
                        Menjelaskan tentang latar belakang penelitian, mengapa topik ini menjadi pilihan, tujuan penelitian, batasan masalah serta metode penelitian yang digunakan.
BAB II            LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi teori-teori yang akan digunakan dalam menyelesaikan Proyek Akhir ini.
BAB III          PERANCANGAN
Bab ini akan menjelaskan mengenai rencana perancangan aplikasi pengolahan data inventaris PT. Harmoni Drilling Services dengan mennggunakan diagram alur dengan secara detail.
BAB IV          IMPLEMENTASI SISTEM
Dalam bab ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara implementasi dan pengoperasian system yang telah ada.
BAB V            PENUTUP
Bab ini berisi uraian tentang keismpulan yang didapat dari proses pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Inventaris PT. Harmoni Drilling Services, serta saran yang dapat diberikan apabila aplikasi ini ingin dikembangkan lebih lanjut.


2.      Landasan Teori
Menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya.

2.1.            Pengertian Aplikasi Pengolahan Data Inventaris
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Inventaris merupakan proses mengelola pengadaan atau persediaan barang yang dimiliki oleh suatu kantor atau Perusahaan dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Tanpa adanya inventory suatu kegiatan usaha tidak akan terlaksana, untuk itu keberadaan inventory sangat penting.
Inventaris kantor sangatlah penting bagi kelangsungan sebuah Instansi. Apabila salah satu atau beberapa perlengkapan mengalami gangguan, maka pasti akan menghambat jalannya roda perekonomian Perusahaan yang biasanya berupa tidak teraturnya keorganisasian sebuah inventaris kantor atau kurangnya sebuah sistem dalam menginventaris perlengkapan kantor.

3.      Metode Penelitian
Menjelaskan cara pengambilan dan pengolahan data dengan menggunakan alat-alat analisis yang ada.
3.1              Perancangan Aplikasi Berorientasi Objek
Metode yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language), dan menggunakan beberapa diagram UML, yaitu : usecase diagram, class diagram, activity diagram dan sequance diagram.

4.      Analisis Data dan Pembahasan
Membahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.
4.1.            Implementasi
Pada bab ini merupakan tahap penerjemahaan kebutuhan pembuatan aplikasi ke dalam representasi perangkat lunak sebelum penulisan kode program dimulai sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan. Implementasi yang dilakukan meliputi implementasi perangkat keras dan implementasi perangkat lunak, sedangkan untuk pengujian meliputi pengujian terhadap perangkat lunak hasil implementasi.

5.      Kesimpulan (dan Saran)
Bab ini bisa terdiri dari Kesimpulan saja atau ditambahkan Saran.
·      Kesimpulan
Berisi jawaban dari masalah yang diajukan penulis, yang diperoleh dari penelitian.
·      Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian.

5.1       Kesimpulan
            Berdasarkan uraian yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya dan proses yang ada dalam pembukuan Tugas Akhir ini, maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.        Aplikasi yang dibangun dapat mengelola data inventaris yang terdapat di PT. Harmoni Drilling Services.
2.        Aplikasi dapat melakukan penyimpanan data inventaris secara terintegrasi dalam sebuah database.
3.        Aplikasi dapat melakukan pencarian dan pembaruan data inventaris dalam waktu yang relatif singkat.

5.2       Saran
            Aplikasi pengolahan data inventaris ini masih dapat dikembangkan seiring dengan kebutuhan user. Kesempatan untuk menampung ide-ide baru dalam pengembangan aplikasi ini masih terbuka jika dibutuhkan. Namun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi. Saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
1.        Diharapkan aplikasi bisa dilengkapi dengan laporan Room, Employee, dan Transportation.
2.        Diharapkan dapat memperbaiki user interface agar terlihat lebih baik lagi.

C.     BAGIAN AKHIR
·      Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan

DAFTAR PUSAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

·      Lampiran

Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, gambar, perhitungan-perhitungan, grafik atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.

No comments:

Post a Comment